Perkembangan teknologi begitu pesat, berdampak pada semakin mudahnya seseorang melakukan transaksi jual beli online. Membeli sepatu online memang tidak semua orang bisa melakukannya, dan kalaupun bisa, tidak semua orang dapat melakukannya dengan aman. Karena ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan sebagai penjual online untuk melakukan tindak penipuan.

Apakah Anda masih ragu beli sepatu secara online?

Artikel ini akan menjawab setiap keraguan Anda. Silahkan lanjutkan membaca dengan cermat. Karena jika Anda sudah mengetahui tips aman belanja online, maka Anda seharusnya tidak perlu khawatir lagi ketika akan membeli sesuatu dari toko online. Pada pembahasan kali ini admin hanya akan fokus share cara membeli sepatu online 100% aman.

Kok cuma sepatu?

Karena saat Anda memutuskan membeli sepatu ada size/ukuran/nomor sepatu yang harus diperhatikan. Agar sepatu yang Anda beli sesuai dengan ukuran kaki. Jangan sampai deh udah beli dan bayar ongkos kirim, tapi pas sepatunya sampai ke rumah malah ukurannya salah.

Memilih toko sepatu online terpercaya dan aman

Ada banyak sekali toko sepatu yang bisa Anda temukan. Baik di media sosial seperti instagram, facebook, twitter maupun di website yang bisa Anda temukan melalui google. Anda boleh saja mengetahui toko sepatu pria dari media sosial, namun pastikan toko sepatu tersebut memiliki website.

Silahkan lihat di halaman profil media sosialnya. Apakah tercantum nama URL website toko atau tidak. Jika pun tidak ada, Anda bisa memastikan kepada si penjual dengan menanyakannya langsung.

Mengapa harus memiliki website?

Membuat website itu tidak mudah, dan tidak setiap toko bisa atau sanggup membuatnya. Ini bisa kita jadikan sebagai indikator bahwa si toko tersebut benar-benar serius melakukan jualan. Bayangkan jika hanya mengandalkan media sosial? setiap orang juga bisa kan membuat akun jualan di instagram, facebook atau twitter? Apalagi semua media sosial tersebut gratis. Sedangkan membuat website tidak gratis, ada biaya tahunan yang harus di bayar. Kebanyakan orang-orang yang masih kena tertipu belanja online karena hanya melihat tokonya di media sosial.

Pastikan informasi produk jelas

Pastikan produk yang akan Anda beli sudah tertulis jelas spesifikasinya. Seperti bahan upper, bahan outsole, dan pilihan warna. Terkadang ada produk yang tidak jelas spesifikasinya, jika Anda menemukan ini silahkan tanya langsung pada kontak si pemilik toko sepatu tersebut.

Selain itu, pastikan stok masih tersedia. Jangan sampai Anda sudah transaksi tapi ternyata produk yang diinginkan sudah habis terjual. Jika terjadi hal seperti ini, biasanya si penjual akan menawarkan Anda untuk menunggu sampai stok tersedia kembali. Jika stok sudah tersedia akan langsung dikirimkan ke alamat rumah Anda. Atau pilihan lainnya melakukan pembatalan, dan si penjual akan mengembalikan uang Anda.

Jangan salah mengukur kaki

Ini yang seringkali banyak orang melakukan kesalahan. Ukuran kaki akan menentukan ukuran sepatu yang Anda beli. Kebanyakan pengukuran sepatu di Indonesia mengikuti ukuran Eropa. Untuk sepatu pria pada umumnya menggunakan ukuran 39 sampai 44. Dengan patokan standar dalam centimeter seperti gambar di bawah ini

panduan ukuran sepatu pria dalam centimeter

Selain itu sesuaikan jua anatomi kaki Anda. Karena tidak semua pria memiliki bentuk kaki yang sama. Patokan pengrajin menggunakan ukuran kaki rata-rata. Untuk Anda yang merasa bentuk anatominya berbeda, silahkan disesuaikan dengan model sepatu yang akan di order. Misalnya, untuk Anda yang jari kakinya lebih melebar, disarankan tidak memesan sepatu yang ujung nya meruncing. Karena pasti tidak nyaman saat dipakai.

Transaksi pembayaran

Pilih toko online yang memberikan cara transaksi pembayaran mudah. Sekarang jaman sudah semakin canggih, untuk pembayaran pada umumnya toko online menggunakan sistem transfer bank. Baik melalui ATM atau melalui e-banking (mobile banking). Pada saat Anda akan melakukan pembayaran cek kembali no rekening toko online. Jangan sampai Anda salah memasukkan digit nomor yang berakibat salah transfer. Biasakan untuk memastikan nama penerima rekening sesuai sebelum Anda menekan tombol transfer di atm.

Setelah melakukan pembayaran jangan lupa simpan bukti struk transfer Anda. Untuk dijadikan sebagai bukti kepada toko online bahwa Anda sudah melakukan transfer. Konfirmasi kepada toko online tempat Anda membeli sepatu pria itu sangat penting. Agar mereka segera memproses orderan Anda.

Pahami Fungsi No resi pengiriman

No resi adalah tanda bukti bahwa pesanan Anda sudah berada di tangan kurir dan sedang dalam proses pengiriman. Toko online biasanya akan memberikan informasi no resi kepada pembeli sehari sesudah melakukan order. Mungkin tidak semua orang sudah paham apa fungsi nomor resi JNE saat belanja online. Mari kita bahas lebih jelas lagi, agar Anda semakin paham saat melakukan pembelian online.

Nomor resi selain sebagai bukti bahwa pesanan Anda sudah dalam proses pengiriman, bisa juga berguna sebagai pelacak untuk mengetahui sudah sampai mana paket Anda. Bagaimana cara melacak pengiriman ? Untuk mempermudah saya mencontohkan kepada Anda, kita pilih saja salah satu kurir JNE misalnya.

Caranya :

  • Jika sudah beli Game/Anime/Movie nanti kalau sudah dikirim akan langsung saya kasi no resi dari JNE.
  • Buka website ==> http://www.jne.co.id/
  • Liat dibagian bawah pada website nanti ada tulisan trace & tracking.
  • Copy dan pastekan no resi JNE yang saya kasih pada bagian kotaknya[Trace & Tracking].
  • Kemudian isikan chaptcha/huruf yang tertera menurut gambar.
  • Enter atau klik pada bagian search.
  • Nanti akan keluar data pengirimannya.
  • Klik pada bagian bawah No.AWB/no resi punya anda.
  • Terakhir akan keluar semua data-data pengiriman.

Istilah-istilah status pengiriman pada JNE :

  1. Manifest : Barang baru didaftarkan di kantor JNE asal pengiriman
  2. On-Process : Barang sedang dalam proses pengiriman/perjalanan
  3. On-Transit : Barang sedang transit di kota tertentu
  4. Received On Destination : Barang telah sampai di kota tujuan dan akan dikirim ke alamat tujuan
  5. Delivered : Barang telah diterima di alamat yang dituju dan tertera nama si penerima barang tersebut
  6. Criss Cross : Barang tertukar,
  7. Cnee Unknown : Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan
  8. AU to OPS : Antar ulang/serah terima dari bagian undelivery (bagian yang menangani kiriman yang bermasalah) ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas
  9. AU (Antar Ulang) : Barang diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya
  10. Redelivery : Antar ulang
  11. BA (Bad Address) : Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dsb.
  12. R (misroute) : Salah antar, salah kirim, salah jalur
  13. Closed Once Delivery Attempt : Kurir telah datang tetapi rumah alamat penerima tutup/kosong
  14. TH (Not At Home?) : Penerima tidak ada di rumah(sedang keluar)

Konfirmasi ketika produk sampai

Memberikan konfirmasi kepada penjual ketika produk sampai sebagai bentuk laporan penerimaan. Dengan demikian transaksi pembelian sudah dianggap sukses. Biasanya beberapa penjual sepatu pria online meminta masukkan dan saran perihal produk yang sudah Anda beli. Silahkan sampaikan hal-hal lain yang dianggap perlu diketahui oleh si penjual pada saat konfirmasi produk telah diterima.